Sunday, March 9, 2014

Negara Tujuan Wisata Terbaik di Dunia

Skotlandia/cnn
Brasil, Antartika, dan Skotlandia adalah tiga peringkat teratas negara tujuan wisata terbaik tahun 2014 versi buku panduan wisata terbesar di dunia, Lonely Planet.
Brasil dipilih menduduki posisi teratas karena negara tersebut tuan rumah turnamen sepakbola akbar Piala Dunia 2014. Hal ini mendatangkan banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia, termasuk para suporter dari masing-masing negara yang turut bertanding dalam ajang tersebut.
Sedangkan Antartika berada di posisi kedua karena berkaitan dengan perayaan satu abad keberhasilan sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Ernest Shacklerton dalam mencapai kutub selatan.
Lain halnya dengan Skotlandia yang dipilih menempati posisi ketiga karena alasan bagian dari wilayah Britania Raya tersebut akan menjadi tuan rumah Commonwealth Games pada musim panas, serta merayakan tahun mudik massal para keturunan Skotlandia yang tersebar di seluruh dunia.
Daftar peringkat destinasi wisata terbaik versi Lonely Planet diluncurkan secara resmi pada minggu ini. Adapun dasar penilaiannya adalah berasal dari jumlah skor populer sebuah destinasi diperbincangkan di media dan dunia maya, serta faktor-faktor khusus yang berpotensi menyedot datangnya wisatawan.
Namun, sayangnya untuk edisi kali ini terdapat sebuah pilihan yang dinilai salah sasaran, yakni kota Adelaide di Negara Bagian Australia Selatan. Kota ini masuk dalam daftar sepuluh besar kota destinasi wisata terbaik di tahun 2014, di mana justru banyak orang menganggap kota tersebut sepi, damai, dan tidak begitu meriah dalam menyajikan atraksi wisata.
Selain daftar negara tujuan wisata terbaik, Lonely Planet juga merilis sepuluh besar kota tujuan wisata terbaik di dunia yang posisi puncaknya diduduki oleh Paris, Prancis.
Peringkat teratas daftar tujuan wisata regional terbaik diraih oleh wilayah Sikkim di India. Wilayah ini dinilai sebagai bentuk masa depan industri wisata India yang lebih progresif.
Bukan hanya menyediakan daftar-daftar destinasi wisata terbaik dunia, edisi tahunan Lonely Planet ini juga memberi beberapa rekomendasi berbagai ajang menarik di tahun 2014, seperti contoh daftar tujuan wisata yang berkaitan dengan The Beatles, di mana tahun 2014 merupakan 50 tahun perayaan eksistensi grup musik legendaris asal Liverpool, Inggris tersebut.
Lonely Planet juga memberikan daftar beberapa prediksi tujuan wisata dengan berbagai latar belakang, seperti Provinsi Hunan yang diramalkan menjadi kejutan wisata terbaru di China daratan, serta Yunani yang bakal memberi tawaran harga wisata yang lebih murah terkait krisis ekonomi yang masih mendera

No comments:

Post a Comment