Taman
Prasejarah Leang-Leang terletak di Dusun Panaikung, Desa Leang-Leang, Kecamatan
Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk menuju ke Taman Prasejarah
Leang-Leang tidaklah terlalu sulit. Dari Makassar ke arah timur ± 40 Km
melintasi Kota Maros menuju Taman Wisata Alam Bantimurung. Di pertengahan jalan
yang mulus antara Kota Maros dan Taman Wisata Alam Bantimurung, terpampang
gapura yang lumayan tinggi berlatar belakang warna hitam bertuliskan Taman Prasejarah
Leang-Leang.
Dari
gapura ini menuju Taman Prasejarah Leang-Leang, kita menyusuri dataran rendah
dengan rona kehidupan pedesaan. Di sebelah kiri dan kanan tampak berderet
bukit-bukit kapur atau karst dengan
lereng terjal yang pada dindingnya banyak terdapat gua yang di depannya terdapat
bongkahan batu karang dengan sisa-sisa kikisan air, kulit kerang bertebaran
atau melekat pada dinding bukit, cekungan-cekungan dan lain-lain. Keadaan itu
sangat nyata menunjukkan bahwa dahulu daratan ini dulunya merupakan lautan.
Di
antara gua-gua yang terlihat dalam perjalanan adalah Leang Burung, Leang Bembe,
Ulu Leang, Ulu Wae, dan Leang-leang.
Berdasarkan informasi yang terdapat di Rumah Informasi Taman Prasejarah Leang-Leang yang dikeluarkan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Makassar Wilayah Kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Tengah edisi November 2003, penelitian gua-gua prasejarah di Sulawesi Selatan pertama kali dirintis oleh dua naturalis bersaudara berkebangsaan Swiss, Paul Sarasin dan Fritz Sarasin pada tahun 1902-1903. Mereka menemukan alat-alat batu berupa serpih bilah, mata panah bergerigi, dan alat-alat dari tulang, sedangkan lukisan gua belum ditemukan. Hasil penelitian Paul dan Fritz tersebut ternyata menarik perhatian ahli prasejarah, seperti P.V. Stein Callenfeis, W.A. Mijsberg dan Hooijer. Mereka memperkuat pendapat kedua peneliti di atas bahwa penghuni gua-gua prasejarah tersebut adalah komunitas Toala.
Lukisan
gua (rock painting) baru ditemukan pada
penelitian selanjutnya oleh dua arkeolog berkebangsaan Belanda, Van Heekeren
dan Ny. C.H.M. Heeren Palm dalam suatu ekskavakasi yang dilakukan di gua Pettae
tanggal 26 Februari 1950. Lukisan yang ditemukan berupa cap telapak tangan
serta lukisan binatang yang sedang meloncat dengan tombak tertancap di bagian
jantungnya, dan diperkirakan lukisan telah berusia 5.000 tajun. Beberapa
arkeolog bahkan berpendapat bahwa beberapa di antara gua tersebut telah dihuni
semenjak 8.000 – 3.000 SM. Berdasarkan analisis D.A. Hooijer, seorang ahli
zoology, bahwa binatang dalam lukiasan itu ialah babi rusa.
Dalam
suatu ekskavakasi di Ulu Leang tahun 1973, J.C. Glover dan kawan-kawan,
menemukan sisa-sisa makanan berupa kulit kerang, tulang binatang, dan alat-alat
batu serta biji padi yang berdasarkan analisis dating dengan menggunakan C₁₄ diidentifikasi berasal dari sekitar
25 ribu tahun yang lalu. Selanjutnya pada tahun 1979, sebuah tim yang dipimpin
oleh Hadimuljono menemukan kapak neolith, tengkorak manusia, serta manik-manik
yang sangat penting artinya bagi upaya eksplanasi cakrawala kehidupan manusia
masa lalu.
Identifikasi Gua
Mengingat
akan banyaknya leang (gua,bahasa
setempat) maka desa di bawah bukit kapur dinamakan Desa Leang-leang. Kecuali
nama Desa Leang-leang juga untuk menyebut gua-gua yang terdapat di desa itu.
Leang-leang
ini terdiri atas dua ceruk yang masing-masing disebut Pettae dan Petta Kere.
Kedua gua ini dibatasi oleh dinding terjal yang agak berjauhan. Yang satu
berada di sebelah utara, ukurannya lebih besar, dan yang lainnya (Pettae)
terletak di sisi selatan.
Dibandingkan
dengan gua Petta Kere, gua Pettae ukurannya lebih besar. Lebih ceruk sekitar
3,40 m, tinggi 4 m dengan kedalaman 4,50 m. Gua ini menghadap ke arah barat
laut dengan ketinggian kurang dari 7 m di atas permukaan laut. Leang Petta Kere
terdiri atas dua ceruk, yang satu menjorok ke timur dan lainnya ke selatan. Pada
pertemuan kedua sisi ceruk ini terdapat satu ceruk kecil lagi yang mengarah ke
timur.
Gua-gua
tersebut terbentuk dari sendimen alluvial sebagai hasil larutan senyawa antara
unsur karbonat (CaCO₃) dengan resapan air (H₂O) sehingga endapannya membentuk
gugusan perbukitan gamping (limestone).
Dalam proses pelarutan ini, sering dihasilkan bentuk gua. Gua-gua inilah yang
pada masa kemudian, khususnya pada zaman prasejarah, banyak dimanfaatkan
sebagai sarana pemukiman awal manusia di Sulawesi Selatan. Bukti-bukti
pemanfaatan gua dicirikan dengan ditemukan tinggalan budaya di dalamnya. Puncak
bukit bentuknya bulat dan melengkung tumpul, menara karst, stalaktit dan
stalakmit serta lembah yang sempit dan berdinding terjal.
Berdasarkan
struktur geologi Petta Kere dan Pettae dapat dikelompokkan ke dalam gua tipe
kekar lembaran. Gua kekar tiang memperlihatkan lebar ruangan yang sempit dengan
atap yang tinggi. Proses travertine yang
terjadi pada gua ini sangat aktif, sehingga membentuk stalaknit, stalakmit
ataupun sinter. Keaktifan proses travertine
ini menyebabkan ruang gua menjadi rumit dan sempit, lantai miring dan curam.
Cepatnya proses travertine ini juga disebabkan oleh tingginya kelembaban dan rendahnya
suhu di dalam gua serta kurangnya penguapan oleh sinar matahari. Walaupun ruang
gua seringkali mendapat sinar yang cukup, namun tingkat kelembaban seringkali
tetap tinggi karena besarnya kandungan air di dalam batuan. Ruang lain dari gua
ini juga memperlihatkan lebar ruangan yang cukup luas dengan atap yang pendek
dan rongga yang panjang sehingga tidak banyak dijumpai stalaknit, stalakmit dan
sinter. Hal ini karena air sebagai mediator utama bergerak mengikuti arah
rekahan horisontal , bukan vertikal sebagaiman arah rekahan pada tipe kekar
tiang. Travertine pada gua kekar
lembaran terbentuk pada dinding gua dengan tingkat ketebalan yang tipis. Proses
ini biasanya berjalan sangat lambat dan dalam rentang waktu yang sangat
panjang. Pada bagian inilah orang-orang pada zaman prasejarah seringkali
meletakkan lukisannya. Pada musim kemarau yang suhunya tinggi, dengan kadar air
rendah dan kelembaban rendah, seringkali terjadi proses pengelupasan sehingga
mengakibatkan lukisan yang berada di atasnya ikut terkelupas.
Benda Cagar Budaya
Di
kompleks Taman Prasejarah Leang-Leang ditemukan benda cagar budaya yang terdiri
dari lukisan dinding gua (rock art
painting), alat teknologi batu (microlith),
dan sisa-sisa makanan. Pada ruang bagian utara Leang Petta Kere terdapat sebuah
lukisan berupa babi rusa (elaphurus
devidianus) yang sedang meloncat. Di depan lukisan tersebut terdapat
sejumlah lukisan cap tangan (handstencils).
Di ceruk ini terdapat pula lukisan cap tangan kiri berjumlah 5 buah, dengan
lebar 12 cm dan panjang 9 cm. Satu di antara jari-jari itu terdapat jari-jari
terpotong berwarna merah, yang mengandung makna sebagai kekuatan pelindung dan
pencegah roh-roh jahat. Adapun handstencils
yang jari-jarinya tidak lengkap mungkin sebagai tanda berkabung. Menurut Roder
dan Galis yang pernah menyelidiki lukisan-lukisan gua prasejarah di Papua
berpendapat, lukisan berwarna merah tersebut bertalian dengan upacara
penghormatan terhadap nenek moyang, upacara kesuburan, inisiasi dan mungkin
juga untuk keperluan ilmu dukun guna meminta hujan atau memperingati suatu
kejadian yang penting.
Di
Leang Pettae ditemukan beberapa cangkang moluska dari jenis pelycipoda dan gasytropoda, tulang-tulang hewan dan ikan sehingga kita
berkesimpulan bahwa gua ini merupakan tempat operasional untuk mengolah
makanan. Sementara di gua Petta Kere tidak satu pun ditemukan cangkang moluska,
tulang-tulang ikan maupun hewan sehingga gua ini dianggap sebagai tempat
upacara yang bermakna sakral. Di sini masih ada beberapa lukisan yang tidak dapat
diidentifikasi karena kondisinya sudah rusak akibat perembesan air dalam
dinding gua.
Mengingat pentingnya gua-gua prasejarah Leang-Leang dengan cerita
kekunaannya yang melekat, maka Pemerintah berusaha melindunginya dengan
menerapkan Undang-Undang Benda Cagar Budaya yang berlaku. Selain itu, di
kawasan ini juga dilakukan pemugaran, penamaan serta pembangunan sarana
dan prasarana untuk kemudahan para pengunjung, baik pengunjung umum
maupun peneliti. Penataan situs ini dimulai pada tahun 1977, disesuaikan
dengan fungsinya sebagai Taman Prasejarah Leang-Leang
No comments:
Post a Comment